Senin, 23 April 2012

PASAR

Pasar merupakan tempat berlangsungnya suatu transaksi antara penjual dan pembeli, untuk mendapatkan suatu barang maupun jasa. pasar juga dibagi menjadi 2 yaitu pasar tradisional dan pasar modern. pasar tradisional merupakan tempat dimana terjadinya suatu transaksi antara penjual dan pembeli, dimana barang-barang yang ditawarkan beragam. diantaranya pakaian, makanan, keperluan rumah tangga, barang elektronik, maupun jasa didalam suatu pasar tersebut. dan juga harga yang ditawarkan dapat di negosiasikan dari pihak pembeli ke pihak penjual.
namun pasar modern merupakan tempat transaksi jual dan beli yang dimana harga yang ditawarkan merupakan ketentuan dari pihak produsen dan tidak bisa terjadinya tawar-menawar. contohnya seperti di mall-mall.

Struktur Pasar dibagi menjadi 2 yaitu :
1.       Pasar persaingan sempurna : pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen
2.       Pasar persaingan tidak sempurna : penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjual belikan. Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi tiga yaitu :
a)      Pasar monopoli
Pasar yang hanya terdapat satu penjual dan suatu jenis barang tertentu.
b)      Pasar persaingan monopolistis
Pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual bisa melakukan monopoli karena keistimewaan produk masing-masing.
c)       Pasar oligopoli
Pasar yang hanya terdapat beberapa penjual.

0 komentar:

Posting Komentar