Perilaku
konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan
dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memnuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku ini merupakan hal yang mendasari konsumen untuk membuat
keputusan pembelian. Terdapat tiga pendeketan utama dalam meneliti
perilaku konsumen yaitu :
1. Pendekatan
interpretif yaitu umtuk memahami apa makna sebuah prodik dan jasa bagi
konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami oleh konsumen ketika
membeli dan menggunakanya.
2. Pendekatan
tradisional yaitu bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk
menjelaskan perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
3. Sains marketing yaitu untuk memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
Beberapa proses pengambilan keputusan yang diputuskan oleh konsumen yaitu:
- Pengenalan masalah
- Pencarian informasi
- Mengevaluasi alternatif
- Keputusan pembelian
- Evaluasi pasca pembelian
- Motivasi
- Persepsi
- Pembentukan sikap
- Integrasi
0 komentar:
Posting Komentar