Jumat, 07 Oktober 2011

Berorganisasi Dalam Bermasyarakat


Organisasi merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan suatu inspirasi-inspirasi. Pada awalnya organisasi didirikan oleh sekelompok manusia dengan visi misi yang baik. Organisasi juga timbul karena adanya kesamaan pola pikir antara satu dengan yang lainnya, sehingga dari kesamaan pola berfikir mereka, mereka menyepakati untuk mendirikan suatu organisasi.


Ada banyak manfaat dalam suatu organisasi. Dimana kita bias saling mengenal satu sama lain, lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, memepermudah dalam pencapaian tujuan, dll.

 Jenis-jenis suatu organisasi yaitu
1.     Formal dan informal
Yang dimaksud dengan organisasi formal yaitu adanya struktur organisasi yang jelas dan detail, yang masing-masing dari setiap divisi memiliki suatu tanggung jawab yang besar. Contohnya dalam partai-partai besar, universitas dan perusahaan.
Kalau yang informal yaitu organisasi yang tidak memiliki struktur maupun keanggotaan yang jelas. Contohnya adalah keluarga.


Contoh organisasi dengan berita yang sedang hits sekarang yaitu FPI
Pada mulanya memang benar suatu organisasi diciptakan dengan tujuan yang baik, serta visi misi yang baik. Namun akhir-akhir ini FPI marak melakukan berbagai tindakan yang anarkis. Sebenarnya yang salah dalam hal ini bukan dari organisasi nya, namun dari segelintir orang yang ada di dalam organisasi tersebut. Tidak semua anggota FPI melakukan tindakan anarkis tersebut. Bahkan diantara mereka ada yang keluar dari FPI karena bertentangan dengan hati nurani mereka. Seharusnya tindakan ini bisa dicegah, dengan adanya kerjasama anatara masyarakat dengan pihak kepolisian. Serta memberikan hukuman terhadap suatu organisasi yang melakukan tindak kejahatan.

0 komentar:

Posting Komentar