Jumat, 30 Desember 2011

anak jalanan


pengemis kini semakin meraja lela. mulai dari anak kecil sampai yang tua sekalipun, pekerjaan ini merupalan pekerjaan tetap untuk mereka. saya tidak tahu apa yang menjadi alasan utama mereka untuk melakukan pekerjaan seperti itu. namun yang terlihat jelas yaitu faktor ekonomi.

di sekitar area kampus saya di daerah depok, pengemis disanah boleh dibilang banyak. mulai dari ibu-ibu sampai anak kecil sekalipun. mereka meminta dengan cara memepet korban yang akan mereka pintai. jika tidak dikasih mereka akan tetap memaksa untuk deberikan sepeser uang.

namun yang jadi miris, saya melihat anak-anak disanah dipaksa untuk meminta-minta oleh ibunya sendiri. entah apalah yang ada dipikiran ibu-ibu tersebut. seharusnya orang tua memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya. 
mereka, ya mereka ibu-ibu dari anak jalanan tersebut terlihat sehat tanpa ada cacat sedikit pun, seharusnya mereka bisa bekerja sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki, bukan dengan cara meminta-minta.
memang tak dapat dipungkiri pekerjaan dijaman sekarang memang sulit untuk didapat, tanpa ijasah dan skill mereka tidak dapat memperoleh pekerjaan yang baik. namun bagi saya menjadi pemulung sekalipun merupakan pekerjaan yang mulia dibandingkan mengemis-mengemis.

0 komentar:

Posting Komentar